Mudahnya Membuat Website/Blog Dengan WordPress Self Hosting : Tutorial Lengkap

0
36
views

Dewasa ini, blog bukan lagi hanya sekedar hobi melainkan bisa menjadi sumber pendapatan untuk sobat.

Blog bukan lagi sekedar wadah kepentingan dari segi personal, bisa pula untuk kepentingan bisnis.

Dengan semakin berkembangnya dunia internet dewasa ini dan potensi blog sebagai sebuah media yang mampu menghasilkan uang membuat banyak orang tertarik untuk membuat blog.

Jangan heran apabila sobat sering menemukan banyaknya blog-blog baru yang bermunculan, terlepas dari apapun isinya.

Sebelum kita melanjutkan artikel ini dan sesuai dengan judul di atas ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu WordPress.

Platform CMS WordPress adalah salah satu platform yang paling banyak digunakan untuk membuat website atau blog. Platform ini dapat diandalkan untuk membuat sebuah website profesional dengan tampilan yang menarik. Platform WordPress ini sangat mudah digunakan oleh semua kalangan, baik itu para pemula ataupun mereka yang sudah mahir membuat website. CMS WordPress juga didukung oleh banyak developers dari seluruh dunia yang membangun berbagai fitur tambahan pada WordPress, baik itu plugins maupun template-nya.

Bagi para sobat didietbae.com yang belum tahu, WordPress itu sebenarnya ada dua, yaitu WordPress.org dan WordPress.com, tapi pengembangnya sama yaitu Matt Mullenweg dan teman-temannya. Nah, pada artikel ini yang akan kita bahas adalah cara membuat website / blog WordPress Self Hosted. Jadi, sebelum memulai kita harus punya domain dan hosting sendiri, lalu menginstal script dari WordPress.org ke dalam hosting tersebut.

 

Keuntungan Menggunakan WordPress Self Hosting

 Adapun Keuntungan Menggunakan WordPress Self Hosting sobat dapat mengubah blog sobat menjadi apapun, membership site, toko online, situs perusahaan, forum, dan banyak lagi, sobat memiliki akses ke database, sobat bisa mengubah theme dan tampilan site sobat sesuka hati (jika sobat tahu caranya), sobat bisa meletakkan sebanyak mungkin iklan, menambahkan beragam fitur ke situs sobat, semau sobat tanpa terikat TOS siapapun (kecuali TOS perusahaan hosting yang sobat gunakan).

Dikarenakan kemampuan kostumisasi yang hampir tanpa batas itu, banyak situs profesional yang menggunakan WordPress self hosting sebagai CMS mereka.

Untuk membuat website / blog di WordPress Self Hosting, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

 

Menyiapkan Nama Domain Untuk Website

Jika kita ingin membuat sebuah website / blog yang unik maka kita harus punya nama domain sendiri. Ada baiknya kita membeli domain dari registrar yang sudah terkenal, baik itu registrar dari luar negeri maupun dalam negeri.

Saat ini banyak penyedia domain gratis di internet, misalnya domain gratis berekstensi co.cc, cz.cc, dan lain-lain. Namun bila sobat membangun website/ blog yang lebih profesional atau untuk website bisnis, sebaiknya beli domain TLD saja (top level domain) agar kita punya akses penuh atas domain tersebut, dan tentunya akan terlihat lebih baik. Dari segi harga, domain TLD memiliki harga yang relatif dan kompetitif per tahunnya.

Memilih Hosting yang Tepat

Ada dua jenis hosting yang bisa sobat gunakan, pertimbangkan mana yang dibutuhkan sebelum sobat membeli/ menyewa layanan hosting:

2.1. Shared Hosting

Shared hosting merupakan sebuah server yang di dalamnya terdapat beberapa account hosting website dan menggunakan layanan server tersebut secara bersama-sama. Biaya Shared hosting  lebih murah, tapi privacy dan performa website di dalam shared hosting cenderung kurang baik, apalagi bila trafik website cukup besar. Tetapi, jika file data website Sobat kecil dan belum banyak trafik, Sobat bisa menggunakan shared hosting.

 2.2. Dedicated Hosting

Dedicated Hosting merupakan sebuah server yang digunakan oleh satu klien saja. Keuntungan menggunakan dedicated hosting adalah privacy klien terjaga karena tidak digunakan oleh pihak lain, dan performa website jauh lebih baik dibandingkan dengan shared hosting. Namun biaya untuk dedicated hosting ini lebih mahal dibandingkan shared hosting.

 

Memulai Installasi WordPress

Setelah sobat menyewa hosting, sekarang silahkan login ke dalam cPanel akun hosting sobat.

Sebenarnya, ada banyak cara untuk membuat blog dengan WordPress, baik itu dari File Manager, FTP dari localhost, Fantastico, maupun langsung dari Softaculous yang terdapat di cPanel.

 

Cara Instal WordPress Self Hosting dengan Fantastico

#1 Login ke cPanel sobat (biasanya adalah nama-site-sobat.com/cpanel).

Cari ikon Fantastico yang terlihat seperti ini:

Kemudian klik ikon tersebut.

#2 Klik “WordPress” di sidebar Fantastico, kemudian klik “New Installation”.

 

#3 Isikan detail yang diperlukan. Pilih domain tempat sobat menginstal site sobat, masukkan nama direktori tempat sobat ingin menginstal WordPress (kosongi jika sobat ingin meletakkan site sobat di domain sobat), masukkan username, password yang sobat inginkan, nickname yang sobat mau, email sobat, nama site sobat, dan deskripsi dari site sobat.

Klik tombol “Install WordPress”.

#4 Klik “Finish Installation”, dan proses instalasi situs sobat dengan menggunakan WordPress self hosting telah selesai. Sobat bisa mengunjungi situs sobat sekarang.

Setelahnya, sobat bisa meng-email detail instalasi yang baru saja sobat lakukan ke email sobat di sini. Silahkan sobat Masukkan email sobat di form setelah kalimat “Email the details of this installation to”.

Untuk alamat dashboard dimana sobat bisa mengkonfigurasi site sobat, menulis post baru, menambahkan halaman, dan lain-lain, tambahkan saja wp-admin di belakang alamat site sobat. Contoh: domainsobat.com/wp-admin

Selesai, begitulah cara menginstal WordPress self hosting dengan Fantastico!

Keterangan : Tidak semua orang memiliki Fantastico di control panel hosting mereka.

 

Cara Instal WordPress Self Hosting dengan Softaculous

  1. Buka Cpanel Hosting Sobat. Selanjutnya klik ikon Softaculous.
  2. Setelah itu, halaman softaculous akan terbuka. Klik menu BlogsWordPress.
  3. Selanjutnya klik Install.
  4. Selanjutnya akan muncul formulir isian seperti berikut:
  5. Setelah Sobat mengisi form tadi dengan benar, silahkan klik tombol install.
  6. Softaaculous akan memproses data Sobat.
  7. Instalasi selesai.
  8. Sekarang blog Sobat telah jadi. Sobat dapat masuk ke dashboard menggunakan username dan password yang Sobat isikan tadi

 

Konfigurasi Awal di Blog Baru

Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan konfigurasi awal di blog WordPress self-hosted baru Sobat.

  1. Login ke dalam Blog WordPress

URL untuk login ke blog WordPress Sobat biasanya bisa diakses dengan menuju ke http://domainsobat.com/wp-admin.

Masukkan username dan password yang tadi sudah diisi dan tekan enter atau klik Log in.

  1. Hapus Post, Page dan Komentar Bawaan

WordPress sengaja menyematkan dummy post, page dan komentar untuk memudahkan pengguna dalam mengenali contoh-contoh konten yang terdapat di dalam blog WordPress-nya.

Pertama-tama, hapus konten bawaan tersebut. Sobat juga bisa mengganti kategori atau tag.

  1. Hapus Plugin dan Theme yang Tidak Terpakai

WordPress juga akan menyematkan plugin dan theme default seperti plugin HelloDolly dan theme TwentyFourteen hingga TwentySeventeen.

Hapus yang tidak Sobat gunakan agar server Sobat tidak berat dan disk tidak penuh.

Bila perlu, install plugin WordPress yang menurut Sobat akan sangat berguna dan pilih theme WordPress favorit Sobat untuk mempercantik tampilan blog baru Sobat.

  1. Setup Permalink

Masuk ke bagian Settings => Permalinks. Rekomendasi saya, demi kepentingan SEO, silahkan pilih opsi Post Name.

  1. Terus Optimalkan dan Kembangkan Blog WordPress Self-Hosted Sobat

Sobat bisa mengatur menu, melakukan kustomisasi lewat menu Customize, bereksperimen dengan theme WordPress, membuat halaman Privacy Policy dan sebagainya, mengatur widget, mengisi biodata Sobat sebagai pemilik blog (Dashboard => Users => Your Profile), dan sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti panduan berikut:

 

 

Tulis Artikel Pertama Anda

 

Sobat bisa mengatur menu, melakukan kustomisasi lewat menu Customize, bereksperimen dengan theme WordPress, membuat halaman Privacy Policy dan sebagainya, mengatur widget, mengisi biodata Sobat sebagai pemilik blog (Dashboard => Users => Your Profile), dan sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti panduan berikut:

Setelah semuanya beres, silahkan tulis artikel pertama Sobat di blog WordPress Self-Hosted tersebut. Jangan lupa untuk mempublikasi artikel-artikel yang berkualitas dan memiliki nilai informasi yang tinggi sehingga bermanfaat bagi pembaca.

Kembangkan blog Sobat dan manfaatkan sebagai sumber penghasilan. Sobat juga bisa bergabung ke program periklanan Google Adsense dan meraup keuntungan dari iklan yang dipasang di blog Sobat.

Itulah cara membuat blog WordPress Self Hosted. Semoga Bermanfaat.

Previous articlePenerimaan CPNS Kemenkumham 2017
Merupakan sebuah blog yang berisikan informasi seputar dunia komputer, internet, blogging. Dimana di didietbae.com diharapkan di sini kita dapat saling berbagi informasi dan berdiskusi.
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here